IOIO

Berjibaku Menjadi Manusia Pembelajar



Manusia pembelajar adalah setiap orang (manusia) yang bersedia menerima tanggung jawab untuk melakukan dua hal penting, yakni: pertama, berusaha mengenali hakikat dirinya, potensi dan bakat-bakat terbaiknya, dengan selalu berusaha mencari jawaban yang lebih baik tentang beberapa pertanyaan eksistensial seperti: Siapakah aku ini?; Dari mana aku datang?; Kemanakah aku akan pergi?; Apa yang menjadi tanggung jawabku dalam hidup ini?; Kepada siapa aku percaya?; dan kedua, berusaha sekuat tenaga untuk mengaktualisasikan segenap potensinya itu, mengekspresikan dan menyatakan dirinya sepenuh-penuhnya, seutuh-utuhnya, dengan cara menjadi dirinya sendiri dan menolak untuk dibanding-bandingkan dengan sesuatu yang "bukan dirinya."


Perjalanan hidup terus menggelinding; dan roda peradaban zaman terus bergerak menyusuri jalan yang teramat panjang. Dalam putaran itu, pengetahuan terus bermekaran dan rajutan ilmu tiap hari selalu hadir menyapa tanpa kenal letih.
Itulah kenapa segenap insan dituntut untuk bisa menjadi manusia-manusia pembelajar  : menjadi insan yang selalu terbuka dengan segenap wawasan baru dan limpahan informasi yang terus melaju. Menjadi insan yang selalu rindu untuk merengkuh sejumput pengetahuan, dan menjemput sekeping kebajikan dari bentangan ilmu yang terus mengalir.
Belajar disini tentu saja tidak hanya terbatas pada dinding-dinding sekolah atau kampus atau ruang seminar. Menurut pengalaman saya (yang mungin bersifat subyektif) menjadi pembelajar sejati justru paling efektif dilakukan melalui model self-directed learning. Bahasa kampungnya : belajar sendiri secara otodidak. Jika bicara mengenai self-directed learning (atau belajar secara otodidak), maka ada dua sumber fundamental yang hadir untuk merekahkan proses pembalajaran secara optimal.

Sumber yang pertama adalah : membaca. Lebih khusus lagi : membaca buku-buku bermutu (bukan membaca tabloid infotainment atau majalah lifestyle abal-abal).
Membaca buku-buku yang berkualitas, tak pelak, merupakan ritual indah yang akan selalu membawa kita terbang menjelajah dunia ilmu pengetahuan yang begitu menggetarkan. Bagi para pembelajar sejati, ritual membaca buku memang seperti sebuah persetubuhan yang menghanyutkan. Disana terjalin dialog pemikiran yang intim. Disana terbentang lenguhan gagasan yang terasa begitu eksotis. Dan disana pula kita bisa tenggelam dalam apa yang acap disebut sebagai “beautiful learning orgasm”.
Jadi, omong-omong, berapa jumlah buku atau majalah bermutu yang Anda baca dalam sebulan? Kata para pakar, sebaiknya empat. Namun kalau tidak bisa ya minimal satu dong. Jadi dalam setahun setidaknya ada 12 buku bagus yang kita kunyah dan pelajari.

Sumber utama kedua bagi proses self directed learning adalah ini : learn from our own experiences. Pengalaman adalah guru terbaik, begitu kata sebuah pepatah. Sungguh sebuah pepatah yang jitu. Benar, pengalaman – baik pengalaman positif atau lebih-lebih pengalaman buruk – selalu merupakan guru terbaik bagi proses pembelajaran kita.
Jika Anda seorang karyawan kantor, rangkaian penugasan dan pekerjaan yang Anda lakoni sungguh memberikan bentangan pengalaman yang berharga. Memang, pengalaman ini akan menjadi pelajaran yang berharga jika penugasan dan pekerjaan itu merupakan deretan tugas yang menantang, kompleks dan menuntut kapasitas kita secara maksimal. Rangkaian penugasan yang challenging itu niscaya akan menjadi proses pembelajaran yang sangat kaya bagi pengembangan diri kita.
Jika Anda seorang wirausaha atau calon wirausaha, proses ikhtiar Anda untuk membuka usaha, mencari pasar, membuat produk Anda laku, sungguh merupakan rute pembelajaran yang sangat kaya nan berharga. Coba, gagal, coba lagi, gagal lagi, terus mencoba, terus berusaha, terus gigih bertahan mencari siasat agar bisnis terus bertahan dan tumbuh. Proses yang keras dan melelahkan ini, kadang menguras emosi dan dana yang tak sedikit, tentu merupakan arena pembelajaran yang ampuh. Sebuah arena untuk mendidik kita menjadi insan pembelajar yang sukses dan produktif.
Demikianlah dua sumber utama proses pembelajaran secara mandiri (otodidak). Belajar melalui buku untuk terus meluaskan wawasan. Dan belajar melalui pengalaman nyata untuk mewujudkan impian menjadi insan yang sukses.

Teruslah belajar kawan. Teruslah berjibaku menjadi insan pembelajar sejati.

SALAM SUKSES YANG PALING SUKSES

 
Anda sedang membaca artikel tentang Berjibaku Menjadi Manusia Pembelajar, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..




Baca Juga Yang Di Bawah Ini...!!!:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MOHON BERIKAN KOMENTAR YANG MENGGUGAH "SEMANGAT"

SPONSOR KAMI

terima kasih atas kunjungannya...berbagi sehat dan berbagi sejahtera,,,salam oxxywell