IOIO

Rahasia Membangun Jaringan Yang Sehat Dan Kuat



Dalam menjalakan bisnis MLM,,,Kita harus mempunyai Jaringan Yang Sehat dan Kuat.
Bagaimana Strateginya yuk kita simak Artikel Di bawah ini


A. MEMBANGUN JARINGAN

Entah sadar atau tidak, sengaja atau tidak, kebiasaan para pelaku bisnis MLM umumnya setelah dengan susah payah merekrut orang biasanya lalu ditinggal begitu saja. Mungkin Anda beralasan ternyata dia orang yang payah, tidak mau menjual, tidak mau merekrut orang, tidak mau mengajak atau alasan lainnya.



Mari kita lihat dari sisi yang diajak, mungkin Anda tidak pernah tahu untuk menjadi anggota MLM yang Anda tawarkan tersebut mereka harus bersusah payah mengumpulkan uang untuk mendaftar, Anda juga tidak pernah sadar akan pertanyaan-pertanyaan yang ada dalam benak mereka.

Apakah Anda orang yang bisa dipercaya ?

Apakah benar Anda akan membantu ?

Apakah…………apakah…..?

Pernahkan Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut jika dilontarkan kepada Anda ?

Anda tidak perlu menjawabnya tapi mari kita lihat bagaimana jaringan Anda, apakah jaringan Anda kuat atau rapuh. Kalau jaringan Anda kuat saya percaya Anda tahu jawabannya. Demikian pula jika jaringan Anda rapuh, Anda pun tahu apa jawabannya.

Begitu mata rantai putus maka jaringan Anda akan pasti terganggu. Tulisan ini sengaja ditulis untuk Anda supaya dapat menghargai orang lain apapun jawabannya.

Ingat, kalau kita berbicara mengenai jaringan, maka kita bicara tentang manusia, yang berarti kita bicara mengenai organisasi.

1. JARINGAN ADALAH MANUSIA

Manusia merupakan aset terbesar yang Anda miliki dalam bisnis MLM. Manusia di sini tentu saja orang-orang di bawah Anda atau disebut grup Anda. Mengetahui bahwa downline adalah aset terbesar yang Anda miliki, lalu apa yang akan Anda lakukan, bagaimana perlakukan Anda terhadapnya ? Bagaimana sikap Anda kalau ternyata downline Anda tersebut lemah, tidak aktif ?

Pertanyaan tersebut merupakan mata rantai yang harus Anda jawab dengan hati nurani Anda yang paling dalam. Apakah Anda akan memanfaatkan downline Anda tersebut untuk kepentingan Anda sendiri dalam arti yang terpenting Anda mendapatkan bonus, soal mereka aktif atau tidak itu kan urusannya sendiri, bukan menjadi tanggung jawab saya, bukan ?

Dasar orang mau ikut bergabung dalam bisnis MLM ini umumnya tergiur dengan bonus-bonus yang disediakan, apalagi jika mereka melihat statement yang Anda tunjukkan kepada mereka, mereka percaya lalu mereka mendaftar. Dan kebanyakan dari kita, kita telah merasa berhasil dalam bisnis ini. Banyak dari para pemain MLM mengukur jumlah sebagai keberhasilan dalam bisnis MLM bukan kualitas, dan ini adalah kesalahan yang sangat fatal.

Mengetahui jaringan adalah orang, maka sekarang kita akan melihat dan intropeksi diri apa yang sudah dan akan Anda lakukan terhadap grup Anda.

“Memperlakukan orang lain seolah-olah mereka itu seperti apa yang seharusnya dan menolong mereka menjadi apa yang mereka wujudkan”.

Kata-kata tersebut di atas sangat mengisyaratkan kepada kita bahwa Anda harus bertanggung jawab terhadap jaringan Anda.

Bentuk-bentuk tanggung jawab di sini adalah :

1. Menghargai atau menghormati keberadaan mereka.

2. Selalu mempunyai pandangan positif terhadap jaringan.

3. Mengetahui sasaran / jaringan mereka.

4. Menunjukkan komitmen Anda di depan mereka.

5. Memelihara agenda pertemuan secara rutin.

Itulah yang menjadi tanggung jawab Anda jika Anda ingin membangun jaringan yang kuat dari bisnis Anda. Mungkin kelima hal tersebut kelihatannya merepotkan mereka, tapi kalau Anda benar-benar memperhatikan hal tersebut maka Anda akan menemukan kenyataan bahwa Anda akan diminta jangan lagi egois dalam bisnis ini, dan itu akan membuktikan bahwa Anda sangat serius dalam bisnis Anda.

Agar Anda dapat melakukan tanggung jawab tersebut maka Anda harus memasuki sebuah dunia baru yaitu seni berhubungan. Hanya dengan berhubungan Anda akan dapat melakukan tanggung jawab tersebut dengan menyenangkan.

Banyak sekarang perusahaan MLM saat ini begitu besar ketergantungannya kepada para leader MLM, yang ironisnya para leader tersebut masih aktif di perusahaan lainnya, sehingga apa yang menjadi harapan perusahaan tersebut tentu saja tidak dapat terealisasi dengan baik.

Memang, pengalaman para leader tersebut dapat menjadi alasan bagi perusahaan itu, tapi kalau kita ingin berbisnis dalam jangka panjang dan konsisten dengan bisnis MLM, tidak seharusnya kita hanya percaya pada faktor pengalaman seseorang.

Ada satu faktor yang tak kalah pentingnya yang tidak kalah penting yaitu menyediakan program PELATIHAN yang berkesinambungan.

Lalu apa hubungannya dengan hubungan, jelas sangat berkaitan, hubungan tidak dapat dilakukan dalam jangka pendek, hubungan tidak akan pernah berhenti, hubungan akan berjalan terus bagai mata rantai yang tidak pernah putus.

Dan untuk seseorang dapat memahami hubungan tersebut maka ada satu jalan yang bisa ditempuh yaitu BELAJAR dan belajarnya dalam PELATIHAN.

Tujuan hubungan itu sendiri adalah sebagai berikut :

1. Hubungan memberi perhatian.

2. Hubungan memberi penghargaan.

3. Hubungan memberi motivasi.

4. Hubungan memberi rasa aman.

5. Hubungan memberi rasa respek (menerima apa adanya).

Anda bisa bayangkan bagaimana jika Anda sendiri terlihat dalam hubungan tersebut ? Bukankah Anda akan menjadi percaya diri ? Bukankah Anda dianggap penting ? Bukankah Anda bagian dari kelompok yang besar ? Bukankah Anda mempunyai jaringan yang besar ?

Tidak ada motivasi yang lebih besar dari seseorang jika mereka dapat dukungan dari timnya, lingkungan yang mendukungnya dan harapan yang terus menerus menyala.

Anda juga dapat membanyangkan apa jadinya Anda jika Anda mempunyai orang-orang di bawah Anda yang berkualitas semacam itu, bukankah jaringan Anda akan kuat, dan tak tergoyahkan dan apa-apa yang dihasilkan oleh sebuah jaringan yang kuat ? Jawabannya cuma satu yaitu BONUS YANG BESAR.

2. HUBUNGAN BERARTI KEMENANGAN
Hubungan berarti kemenangan, suatu pernyataan yang sangat indah ? Memang dalam bisnis MLM hanya ada satu keahlian yang dituntut yaitu jadilah orang yang ahli dalam berhubungan dengan orang lain.

Dalam bisnis konvensional Anda tidak harus dituntut akan hal ini apalagi jika Anda seorang komputer, programer, keuangan, akunting ataupun yang lainnya, meskipun di dalamnya ada hubungan tapi sifatnya sangat lain dengan bisnis MLM.

Dalam bisnis konvensional hubungan lebih dikaitkan dengan jabatan, kekuatan dan kekuasaan yang mana semuanya itu dapat menekan orang-orang di bawahnya, maka semua akan selesai. Tapi dalam bisnis MLM Anda tidak mempunyai kekuatan sama sekali karena di dalamnya tidak ada ancaman maupun tekanan yang dapat Anda perbuat untuk membuat downline Anda bekerja.

Di dalam bisnis MLM ini, kalau Anda ingin memiliki kualitas hubungan yang baik maka ada enam cara untuk Anda dapat lakukan :

1. Berkomitmenlah pada mereka.

2. Percayalah pada mereka.

3. Berilah kemudahan agar Anda mudah ditemui.

4. Tolonglah dan beri mereka tanpa syarat.

5. Berilah mereka kesempatan untuk bertumbuh.

6. Angkat mereka tempat yang tinggi.

6 cara tersebut akan menjadikan Anda berubah sama sekali karena dengan kebiasaan lama Anda dan cara-cara lama Anda yang selama ini Anda lakukan. Tentu untuk melakukan ke-6 cara tersebut tentu satu-satunya cara adalah Anda harus bersedia untuk berubah.

Kalau Anda ingin menang dalam bisnis MLM maka Anda harus mempunyai kualitas hubungan yang baik. Jaringan yang kuat akan membuktikan bahwa Anda mempunyai leadership yang bagus, dan untuk menjadi pemenang dalam bisnis MLM maka mulailah berorientasi pada manusia.

Hubungan adalah kemenangan, mengapa ?

Banyak di antara kita yang tidak mempunyai rasa percaya diri yang baik, banyak pula di antara mereka yang tidak memiliki sahabat yang percaya pada dirinya. Dan orang akan merasakan dan mengetahui ketika Anda percaya padanya, yang akhirnya akan melakukan apapun yang mereka anggap untuk memenuhi kepercayaan Anda tersebut.

Itulah hebatnya hubungan, sebab hubungan yang baik akan memungkinkan Anda berjanji dan berjalan bersama untuk sebuah tujuan yang sama pula. Hubungan akan menumbuhkan kesepakatan bersama, hubungan akan menumbuhkan kepemilikan bersama, hubungan akan menumbuhkan perhatian yang sama untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Jaringan yang kuat akan terlihat bagaimana Anda menyelesaikan sebuah konflik dalam jaringan tersebut, tidak ada cara lain untuk membangun sebuah jaringan yang kuat selain mulai bertindak untuk merubah diri Anda, lalu mengembangkan hubungan diri Anda. Tentu untuk melakukan hal tersebut pertama-tama Anda harus membayar harganya kemudian mulailah Anda bertindak.

3. DUKUNGAN KUNCI MOTIVASI

Kenapa ? Mungkin ini hal yang baru yang Anda dengar bahwa sebuah dukungan yang kuat dan rutin akan membuat seseorang bekerja tanpa kehabisan tenaga.

Mereka akan selalu bergairah setiap bangun pagi, karena mereka tahu bahwa saat ini uplinenya sedang dan siap memberi dukungan kepadanya, kapan pun diri Anda membutuhkan dukungan.

Dengan memberikan dukungan, maka Anda telah meletakkan bara api KEYAKINAN kepada downline Anda.

Apa akibatnya jika Anda memberi dukungan kepada downline Anda ? Lihat kenyataan ajaib di bawah ini :

1. Mereka bersedia berkorban untuk meraih keberhasilannya.

2. Mereka akan mati-matian mencari cara untuk meraih keberhasilannya tersebut.

3. Mereka akan terus semangat dan bergairah untuk bekerja.

4. Mereka akan setia, ikut dan sportif dalam setiap rencana permainan.

5. Mereka akan dengan senang hati membantu anggota tim lainnya.

Lima kenyataan tersebut akan selalu menyertai di mana pun kita dan kapan pun dibutuhkan, Anda bisa bayangkan jika itu terjadi maka apa jadinya grup Anda nantinya, bagaimana pendapatan yang Anda peroleh nantinya.

Sekarang bandingkan jika Anda tidak pernah memberikan dukungan kepada downline Anda :

1. Mereka akan sedikit berpartisipasi.

2. Mereka akan selalu mencari dalih.

3. Mereka akan kelelahan sendiri.

4. Mereka akan mengabaikan dan tidak akan menghiraukan acara permainan.

5. Mereka akan mengganggu dan akan menjadi provokator terhadap orang lain.

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara memberi dukungan atau tidak, maka mulai hari ini apa yang harus Anda rencanakan. Evaluasilah sekarang mengenai pribadi dan grup Anda, termasuk jenis orang yang bagaimanakah Anda tersebut.

Banyak orang yang memahami mengenai motivasi tapi sangat sedikit sekali orang yang tahu bagaimana caranya memotivasi yang efektif dan benar.

B. DUKUNGAN ADALAH KUNCINYA
Bola sudah ada di tangan Anda dan Anda sudah paham, sekarang apa yang Anda perkirakan, Anda masih menunda atau mulai bertindak sekarang juga. Dengan hanya membaca dan memahami saja, Anda tidak mungkin mempunyai jaringan yang kuat.

Memang semuanya pada akhirnya akan kembali kepada Anda sendiri, komitmen Anda akan teruji di tingkat ini, keseriusan Anda akan dinilai pada tingkat ini pula. Dan yang lebih penting lagi SIAPA ANDA, akan terbaca pada fase ini, kredibilitas Anda dipertaruhkan untuk mengetahui bahwa masih pantaskah orang percaya kepada Anda.

Dunia MLM sangatlah sempit, kalau kita amati para pemain bisnis ini maka kita akan melihat mereka hanya akan mondar mandir dari suatu perusahaan ke perusahaan lainnya, dengan harapan mereka akan berhasil dan sukses karena sistemnya.

Sistem ini tidak akan pernah membuat Anda berhasil jika tidak mendapat dukungan dari grup Anda, di mana pun Anda berada jika Anda tidak mempunyai grup yang kuat maka jangan pernah mengharapkan kesuksesan dan keberhasilan. Jangan lagi Anda memboroskan waktu Anda dalam bisnis ini, mulailah tertarik dan jatuh cinta pada orang lain.
Tidak ada jalan lain menuju sukses, semua selalu melalui sebuah proses, tinggal sekarang Anda mempunyai kesabaran atau tidak untuk menjalankannya.

Kesimpulan hanya ada satu yaitu ada tidaknya kemauan dan tekad Anda untuk berhasil, lalu bayarlah harganya dengan uang pas.
C. PENUTUP

Pada akhirnya siapa yang tekun dan setialah yang akan berhasil dalam bisnis ini, untuk membangun jaringan bisnis MLM yang kuat maka mulai sekaranglah Anda harus membuang kebiasaan-kebiasaan lama Anda yang tidak mendukung proses membangun jaringan yang kuat tersebut. Ada beberapa kebiasaan sukses yang dapat Anda lakukan sebelum dan saat Anda membangun jaringan Anda itu.

Kebiasaan menghilangkan pengakuan, ini berbicara mengenai karakter Anda dan di dalamnya menyangkut masalah integritas, sikap mental yang positif dan kedewasaan/kematangan.

Kebiasaan dalam berhubungan, di sini Anda dituntut untuk mulai memahami dan mengerti para individu, mendemontrasikan integritas Anda, mulai memberi terlebih dahulu, dan belajar minta maaf terlebih dahulu.

Kebiasaan dalam bekerja sama, memenuhi komitmen, mulai berani mempercayai downline Anda.

Kebiasaan menjaga lingkungan, berhati-hatilah memilih lingkungan, apa yang sedang Anda bangun, jika tidak tepat lingkungannya maka akan menjadi bencana bagi usaha Anda. Karena yang dapat menjaga jaringan Anda hanyalah bagaimana cara Anda berhubungan, maka Anda akan memperoleh hasil jangka panjang.

Kepedulian dan perhatian Anda sudah merupakan penghargaan yang indah bagi downline Anda. Mulailah Anda bertindak, karena kalau semua ini hanyalah pengetahuan, maka sudah dapat dipastikan bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik. Apapun yang Anda kerjakan mulailah berorientasi pada manusia, sampingkan terlebih dahulu kepentingan sendiri tapi mulailah mengutamakan kepentingan orang lain/grup Anda.

Pada akhirnya “KEBERHASILAN ITU HANYALAH SEBUAH MASALAH, DAN BAGAIMANA ANDA MENGHADAPINYA ITU MASALAH ANDA SENDIRI”
Dan saya ingin memberi satu rahasia sukses yang sangat hebat, sebuah senjata ampuh untuk meralisasikan impian Anda yaitu PIKIRAN ANDA.

Dengan pikiran, Anda mempunyai kekuasaan untuk semua kondisi, keadaan dan masalah yang sedang Anda hadapi. Jika pikiran Anda mengatakan engkau tidak bisa maka sudah dapat dipastikan Anda tidak mempunyai komitmen untuk menyelesaikan semua pekerjaan dalam membangun jaringan yang kuat itu, tapi jika pikiran Anda mengatakan Anda bisa maka dengan senang hati akan menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Menang kalah Anda sangat ditentukan oleh pikiran Anda

Untuk itu cara terbaik yang harus Anda lakukan adalah dengan mengisi pikiran Anda dengan hal-hal yang positif dan indah.

Bayangkan Anda mempunyai rumah yang besar lengkap dengan kolam renangnya, mobil sport yang bagus, keliling dunia dengan bersama anak dan istri tercinta, uang sudah tidak menjadi masalah bagi Anda, maka semua itu akan menghasilkan pikiran yang positif dan itu akan memacu semangat Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Dan semua itu juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan Anda.

Ada cara yang lebih baik untuk Anda mempunyai pikiran yang positif yaitu ubahlah setiap masalah menjadi tantangan, dan mengubah tantangan menjadi peluang, maka sudah dapat dipastikan Anda akan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik yang berarti Anda semakin dekat dengan keberhasilan itu sendiri. 

Akhirnya saya ucapkan selamat untuk semua,semoga bermanfaat
saatnya berbagi sehat dan berbagi sejahtera

sumber :www.sekolahmlm.blogspot.com
Anda sedang membaca artikel tentang Rahasia Membangun Jaringan Yang Sehat Dan Kuat, Anda boleh menyebar luaskan atau mengcopy - paste artikel di atas jika memang sangat bermanfaat bagi anda.. Dengan syarat anda harus meletakkan link di bawah ini sebagai sumbernya..




Baca Juga Yang Di Bawah Ini...!!!:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

MOHON BERIKAN KOMENTAR YANG MENGGUGAH "SEMANGAT"

SPONSOR KAMI

terima kasih atas kunjungannya...berbagi sehat dan berbagi sejahtera,,,salam oxxywell